INIOTAKU.COM

 Forgot Password
 Register
Search
12Next
Return Post New Threads
View: 515|Reply: 19

biaya hidup di jepang~

[Copy Link]

6

Threads

59

Posts

198

Points

Member

Rank: 2

Points
198
Post on Tue 21-5-2013 19:12:57 | All Posts |Read Mode
Jepang merupakan negara paling maju didunia, namun jepang juga menjadi negara paling mahal di dunia.


Berikut ini akan dipaparkan biaya hidup di jepang bagi kamu yang pengen kesana...

Untuk hidup pas2an di Jepang, coba lihat :
1. Untuk tempat tinggal, jika kamu pengen kost yang sederhana..cuma ada kamar sempit, maka biaya yang harus dikeluarkan sekitar 40.000 yen/bulan


2. Biaya listrik sekitar 3500 yen/bulan, belum lagi jika ada tambahan alat elektronik lagi, maka biayanya akan naik. Nilai 3500 yen/bulan adalah nilai yang lumayan rendah.


3. Biaya air berkisar 3000 yen/bulan.


4. Biaya untuk makan yang sederhana seperti bento dll dalam sehari butuh 1000 yen sehingga dalam sebulan butuh 30.000 yen. (ini termasuk biaya lain2 seperti air mineral, snack, dll untuk daerah TOKYO dan sekitarnya) awalnya ditulis 90.000 yen/bulan, soalnya itu biaya makan kalo makan di restoran di TOKYO..tapi karena perhitungannya minimal, maka diganti jadi 1000 yen/hari...



5. Biaya transportasi tidak diperhitungkan, karena di jepang lebih banyak orang berjalan kaki dan bersepeda. Untuk biaya yang minimal, saya tidak memasukkan biaya transportasi.


Sehingga jika disingkat dan dikonversi ke rupiah maka biaya anda hidup di jepang dalam sebulan adalah (di asumsikan kurs yen ke rupiah 1 yen = 100rupiah)


1. Kost = 40.000 yen = Rp. 4.000.000
2. Listrik = 4.000 yen = Rp. 400.000
3. Air = 3.000 yen = Rp. 300.000
4. Makan = 30.000 yen = Rp. 3.000.000

Jika ditotalkan maka akan didapatkan biaya hidup di jepang yang paling rendah adalah Rp. 7.700.000 per bulannya (ini belum termasuk biaya kesehatan, gas, transportasi, jalan2 + hiburan, kalo dihitung2 bisa mencapai 13jt)...

Note : biaya ini sudah dipertimbangkan seminimal mungkin supaya ente bisa bertahan hidup di jepang...Mungkin bisa saja lebih rendah dari nilai ini tapi tidak terlalu jauh perbedaannya..

Mungkin bagi kamu yang pengen kuliah mungkin terasa mahal apalagi kalo hanya berbekal duit dari ORTU, tapi coba lihat bagaimana nilai 13 juta itu bagi orang jepang..

Sebagai referensi :
Gaji Guru yang masih baru di jepang adalah 156.500 yen = Rp. 15.650.000
Gaji guru senior bisa sampai 500.000 yen = Rp. 50.000.000

Tambahan : Gaji minimum di jepang untuk setiap sektor diperkirakan sekitar 4700 yen perhari = 141.000 yen perbulan = Rp. 14.100.000/bulan

Berikut pekerjaan-pekerjaan yang biasanya sering dilakukan oleh orang-orang asing yang berada di Jepang yang berstatus pelajar.


1. Restoran

Pekerjaannya bisa macam-macam gan, mulai dari tukang cuci piring, bantu-bantu memasak, ngambil order dari pelanggan sampai menyuguhkan makanan.Gaji biasanya sekitar 75.000-85.000 rupiah perjam.

2. Convenient store

Pekerjaannya lumayan banyak gan, mulai dari kasir, memasukkan barang ke rak sampai beres-beres dan bersih-bersih. Gaji sekitar 75.000 rupiah/jam. Kalau shift malam bisa sampai 100.000 rupiah perjam.

3. Super market

Kurang lebih pekerjaannya sama gan seperti di convenient store. Cuma biasanya angkat barangnya lebih banyak kalau cowok. Gaji sktr 75.000-85.000 rupiah/jam.

Jadi tips agar bisa survive di Jepang


1. Carilah tempat tinggal di daerah pinggiran Tokyo

Di Haramachi Meguro ada tempat seperti kos-kosan yang bisa kamu sewa sekitar ¥30.000 per bulan. Hanya 1 kamar sempit. Tanpa WC. Tanpa apa-apa. Atau ada juga yang tipe asrama dimana kamu berbagi kamar dengan 4-5 orang lainnya.

2. Jangan sering-sering cari hiburan

Kalau kamu mau jalan-jalan jauh, kamu pasti mengeluarkan ongkos kereta api. Atau kalau kamu jalan kaki, kamu pasti cepat lelah dan harus makan di luar. Ini adalah pengeluaran yang tidak perlu. Cari hiburan atau makan di restoran tentu saja boleh, asal jangan keseringan

3. yang paling penting - carilah teman seperjuangan yang bisa diajak susah bareng.

Tokyo adalah tempat yang sangat menggiurkan untuk menghamburkan uang, jadi berhati-hatilah. Dengan adanya teman yang bisa diajak susah bareng dan seneng sendiri-sendiri, beban biaya hidup kamu pasti bisa berkurang.

Biaya sewa tempat dibagi dua, tagihan listrik dan air dibagi dua, sampai ke sikat gigi yang dipakai berdua .

Jadi murah kan? hehehe...

Makanan yang mereka jual biasanya makanan tradisional Jepang , bir dan sake. Yatai ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Jepang, namun Fukuoka menjadi tempat yang paling terkenal akan Yatai ini. Biasanya makanan yang mereka sajikan adalah Yakitori, Oden dan Hakata Ramen yang merupakan makanan kebanggaan bagi masyarakat di Fukuoka.

Makan di Yatai ini menjadi sebuah alternatif yang bagus daripada makan di restoran apabila memperbandingkan harga, karena makan di yatai ini relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di restoran. Bagaimana dengan tingkat kebersihan makanan nya? Jangan khawatir,karena yatai ini sudah mendapat izin mengenai kebersihan nya dari pemerintah kota.

sekian....semoga bisa membantu bagi kalian yg mau liburan/tinggal di sana ^_^
Reply

Props Report

1

Threads

45

Posts

143

Points

Member

Rank: 2

Points
143
Post on Tue 21-5-2013 19:29:46 | All Posts
Ternyata keras juga ya hidup dijepang,,
OTAKU SEJATI,,,
Reply Like Dislike

Props Report

36

Threads

571

Posts

1265

Points

Gold Member

Rank: 6Rank: 6

Points
1265
Post on Tue 21-5-2013 19:38:36 | All Posts
Walah tanpa WC mau gimana itu -_- Pakai WC umum berarti ya... Musti siap fisik dan mental tinggal di Jepang

~Loli love Loli~
Twitter: @RazhiDLuffy
Reply Like Dislike

Props Report

159

Threads

4127

Posts

7806

Points

Veteran

oshioki tte...

Rank: 8Rank: 8

Points
7806
Post on Tue 21-5-2013 19:39:36 | All Posts
Drama CD = 2100 yen
Rubber strap = 800 yen (each)

berarti memang harus bersyukur tinggal di Indonesia...
beasiswa oh beasiswa... kayaknya walaupun nyoba daftar, kasian sama orangtua...
Reply Like Dislike

Props Report

1

Threads

98

Posts

227

Points

Full Member

Rank: 3Rank: 3

Points
227
Post on Tue 21-5-2013 19:44:18 | All Posts
Arigatou gan ini demi apapun sangat bermanfaat sekali buat saya.
ini yang saya cari dan ternyata tidak jauh -jauh dari perkiraan saya, hnnnng.

izin catet/? ya gan OwO
"Idiots can be found everywhere." - Oliver Davis
Reply Like Dislike

Props Report

40

Threads

392

Posts

1066

Points

Gold Member

Rank: 6Rank: 6

Points
1066
Post on Tue 21-5-2013 19:49:05 | All Posts
Ahh kalo begini mah makin susah._. Aku diajak ke jepang desember nanti tapi sayang duitnya ah-.- nabung aja dulu deh biar bisa jajan di akihabara...
Reply Like Dislike

Props Report

3

Threads

253

Posts

569

Points

Senior Member

Rank: 4

Points
569
Post on Tue 21-5-2013 19:52:58 | All Posts
Syarat ke tiga ane setuju banget, om Cari teman soulmate yang bisa diajak susah banreg
Tapi, kalau gitukan memacu kita untuk tidak malas... sama seperti di indonesia, mungkin kalau di indonesia kebanyakan rakyatnya belum sadar atau kurangnya pendidikan.
Keren deh tinggal di Jepang, bertahan hidupnya!!
Tapi keren lagi rakyat jepang banyak yang masih bertahan
Reply Like Dislike

Props Report

78

Threads

2398

Posts

5600

Points

Veteran

Sloth Master =w=)/

Rank: 8Rank: 8

Points
5600
Post on Tue 21-5-2013 19:54:51 | All Posts
kalo kata dosen ane sih yah, kalo mau ngemat makan di jepang salah satunya dengan masak sendiri
kita bisa belanja di toko serba 200 yen, disana jual macem" barang, bahan makanan seger juga ada...

kalo soal biaya penginapan emang di jepang apalagi di tokyo itu terkenal dengan harga yang super mahal
disana juga orangnya taat pajak, dan itulah yang bikin apartemen di jepang mahal...
check our fanfic update in here
Reply Like Dislike

Props Report

6

Threads

59

Posts

198

Points

Member

Rank: 2

Points
198
 Author| Post on Tue 21-5-2013 23:34:17 | All Posts
faradiskaokta replied at Tue 21-5-2013 19:29
Ternyata keras juga ya hidup dijepang,,

iya gan xD
berasa hidup di hutan
Reply Like Dislike

Props Report

6

Threads

59

Posts

198

Points

Member

Rank: 2

Points
198
 Author| Post on Tue 21-5-2013 23:35:08 | All Posts
yakuza_ranze replied at Tue 21-5-2013 19:54
kalo kata dosen ane sih yah, kalo mau ngemat makan di jepang salah satunya dengan masak sendiri
kita ...

nahh...iya tuh gan
kalo gk beli makanan di supermarket yg udh mau tutup, biasanya harga makanannya di diskon
Reply Like Dislike

Props Report

12Next
Return Post New Threads

Points Policy

Quick Reply Top Back to List